Fabrikasi dan Falsifikasi

Tingkat penyimpangan terhadap integritas akademik disusun secara berjenjang (lihat Tabel 8), mulai dari yang paling ringan hingga paling berat. Tingkat penyimpangan terhadap integritas akademik dibagi lagi menjadi 3 (tiga) tingkat. Tingkat penyimpangan paling ringan diganjar dengan 10 poin, sementara tingkat penyimpangan paling berat diganjar dengan 1000 poin.

Tabel 8 Tingkat penyimpangan fabrikasi dan falsifikasi

Keterangan :
*   Poin penyimpangan untuk tiap 1% data, gambar, ataupun referensi yang difabrikasikan dan atau difalsifikasikan diganjar 10 poin.

Tingkat penyimpangan terhadap integritas akademik dibuat setara antara penyimpangan berupa fabrikasi dan falsifikasi. Alasannya ialah karena keduanya acap muncul bersamaan dalam suatu tindak kecurangan akademik. Oleh karena itu, demi kemudahan, ulasan tentang tingkat penyimpangan terhadap integritas akademik untuk keduanya digabungkan menjadi satu. Fabrikasi melibatkan pembuatan atau pengadaan sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Falsifikasi adalah modifikasi (penambahan, pengurangan, atau perubahan) pada sesuatu yang sudah ada demi keuntungan atau mencapai tujuan penelitian.

Fabrikasi dan falsifikasi dapat terjadi dalam hal data, gambar, dan referensi yang digunakan dalam menyusun karya ilmiah. Mengingat setidaknya ada tiga jenis objek penyimpangan fabrikasi dan falsifikasi, maka tingkat penyimpangan terhadap integritas akademik dapat ditentukan berdasarkan kombinasi dari beberapa jenis penyimpangan. Penting untuk dipahami, bahwa sanksi untuk jenis penyimpangan fabrikasi dan falsifikasi, terbagi menjadi 3 unsur, yaitu data, gambar, dan referensi. Dengan demikian, untuk jenis penyimpangan ini, poin maksimal yang dapat diganjarkan adalah 3000 poin (3 x 1000 poin).

Sebagai contoh, proses penentuan tingkat penyimpangan terhadap integritas akademik dapat melibatkan fabrikasi dan/atau falsifikasi 5% data (50 poin), 10% gambar (100 poin), dan 15% referensi (150 poin). Dalam kondisi demikian, penentuan tingkat penyimpangan terhadap integritas akademik diakumulasikan menjadi satu skor gabungan, yaitu 300 poin.