Pengajuan Jamak

Penentuan tingkat penyimpangan nilai integritas akademik yang terakhir adalah untuk pengajuan jamak. Kasus ini meliputi proses pengajuan satu naskah yang sama kepada beberapa jurnal yang berbeda dalam waktu bersamaan. Penyerahan satu naskah pada beberapa jurnal sebenarnya dimungkinkan apabila dilakukan secara bergantian dan/atau disajikan dalam versi singkat dan disertai penjelasan sekaligus meminta tanggapan dari pengelola jurnal dan/atau penerbit sebelum mengirim versi lengkap. Poin penyimpangan untuk tiap pengajuan jamak adalah 100 poin, dengan poin maksimal 300.

tingkat pebyimpangan

Apabila tingkat penyimpangan terhadap integritas akademik pada keenam jenis penyimpangan digabung dalam satu tabel, hasilnya dapat dilihat pada Tabel 12. Pada tabel tersebut penyimpangan dibagi ke dalam 5 tingkat penyimpangan. Penjatuhan sanksi disesuaikan dengan tingkat penyimpangan masing-masing.

jenis penyimpangan

* Keterangan: untuk jenis pelanggaran plagiat, kesamaan untuk setiap kalimat yang ditemukan akan dikenai sanksi 10 poin. Hal ini berlaku secara kumulatif hingga kemiripan sebanyak 30 kalimat. Kesamaan lebih dari 30 kalimat, akan dikenai sanksi 300 poin.